Bismillahirrohmanirrohim

wahai sahabat...
dengan ilmu kita akan mendapatkan segalanya..
dengan ilmu kita akan selamat dunia akhirat..

Selamat Datang Pengunjung Ke

Follow

Kamis, 07 Januari 2010

Naskah Audio

Nama Yuhan BAntar Cipta Ningsih
Kelas PAI 1
Pengembangan MEdia PAI
07410278

Naskah Audio Drama
Tayamum
Guru diperankan oleh Bapak Nendi
Ketua kelas diperankan oleh Agus
Siswa Yang cantik diperankan oleh Reni
Pembaca Naskah Cipta
Disiang hari menjelang waktu dzuhur terik matahari begitu menyengat keringat bercucuran para siswa MTs N 1 Gunungkidul sedangg melakukan pembelajaran dengan mata pelajaran fiqih. Dalam pertemuan kali ini guru mejelaskan materi tentang tayamum.
Dialog Percakapan :
Guru Pak Nendi :Anak-anak pada pelajaran kali ini kita akan belajar tentang tayamum. anak-anak apakah sudah pernah dengar tentang tayamum?
Siswa Reni : Sudah Pak….
Guru pak Nendi : Ok. Siapa yang bisa menyebutkan arti tayamum?
Siswa Agus :Saya Pak (sambil tunjuk jari)
Guru Pak Nendi :Ya silahkan mas Agus
Siswa Agus :Tayamum itu ga ada air pak, kayak disini Gunungkidul tercinta.
Guru Pak Nendi :Ya Bagus, jadi tayamum itu adalah mengusapkan tanah ke muka dan kedua tangan sampai siku dengan beberapa syarat. Tayamum dimaksudkan untuk menggantikan wudu atau mandi besar, sebagai rukhsah (keringanan) untuk orang yang tidak dapat memakai air, karena beberapa halangan.
Siswa Reni :Terus halangannya apa pak?
Guru Pak Nendi :Alasannya ada 3 anak-anak yaitu: 1.Udzur karena sakit, kalau ia memakai air, bertambah sakitnya atau lambat sembuhnya. Menurut keterangan dokter yang telah berpengalaman tentang penyakit serupa. 2. Karena dalam perjalanan. 3.Karena tidak ada air.
Siswa Reni & Agus :Ooooo gitu to pak….
Guru pak Nendi :Iya anak-anak..sudah jelas kan!, Sekarang gantian pak guru yang bertanya, pada mas Agus, Coba sebutkan syarat-syarat tayamum.
Siswa Agus : Sudah masuk waktu shalat. Sudah diusahakan mencari air, tetapi tidak dapat. Dengan tanah yang suci dan berdebu. Menghilangkan najis.
Guru Pak Nendi :Ya bagus jawaban mas agus, jadi begitu ya syarat-syarat tayamum, pak guru tidak usah mengulangi lagi ya nak. Sekarang pak guru akan menjelaskan lagi tentang rukun dan sunat-sunat tayamum. Begini nak rukun tayamum itu ada 4 yaitu : Niat. Mengusap muka dengan tanah. Mengusap kedua tangan dengan siku dengan tanah. Menertibkan rukun-rukun tersebut. Jelaskan anak-anak?
Siswa Reni & Agus : Yaaaaa pak (menjawab dengan serempak)
a.

Tidak ada komentar: