Bismillahirrohmanirrohim

wahai sahabat...
dengan ilmu kita akan mendapatkan segalanya..
dengan ilmu kita akan selamat dunia akhirat..

Selamat Datang Pengunjung Ke

Follow

Kamis, 17 Maret 2011

Resensi Pengembangan Profesi “ GURU PROFESIONAL” (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar)

RESENSI
“ GURU PROFESIONAL” (Menguasai Metode dan Terampil Mengajar)
Prof.Dr.H Buchari Alma,M.Pd. dkk Penerbit ALFABETA Bandung
Disusun guna memenuhi tugas mata kuliah Pengembangan Profesi
Dosen pengampu:
Drs. Sarjono, M.Pd

Oleh :
Yuhan Bantar Cipta Ningsih
07410278

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA
YOGYAKARTA
2OO9
Isi, Kelebihan dan Kelemahan
A. Isi
Ditekankan untuk para mahasiswa yang prodi tentang keguruan di sini para dosen harus memperhatikan mahasiswa dalam berpenampilan ketika mahasiswa itu mengikuti perkuliahan ataupun latihan ketrampilan mengajar. Latihan ketrampilan mengajar di depan kelas dengan menampilkan ketrampilan:
1) Action dan Set Induction
Mampu beraksi didepan kelas dengan cara mengerakkan tangan, kaki, kepala, dan sebagainya.
Set induction ( Ketrampilan membuka pertemuan )
a. Menciptakan kesan respektif di kalangan siswa
b. Menciptakan kondisi emosional yang baik di dalam kelas
c. Menyampaikan Prolog dari kegiatan belajar mengajar.
2) Basic Questioning dan Reinforcement
Dilatih mahir dalam ketrampilan bertanya, dengan prinsip-prinsip dan memberikan penguatan dalam segala bentuk dan prinsip-prinsipnya.
3) Explaining
Berlatih menjelaskan mata pelajaran dengan berbagai prinsip yang harus dikuasainnya. Explaining ( Ketrampilan menjelaskan )
a. Penyampaian suatu ide/pendapat ataupun pemikiran
a) Kejelasan dalam penggunaan bahasa
b) Pemberian ilustrasi
c) Penekanan dan penegasan
d) Pengambilan umpan balik
b. Pengorganisasian dalam menyampaikan ide
a) Sistematika penyampaian
b) Hubungan antara hal yang terkandung dalam ide.
4) Variation
Memperagakan segala macam jurus ketrampilan yang telah ia kuasai di tambah dengan ketrampilan menulis di papan tulis. Variasai dalam gaya mengajar ini, banyak berhubungan dengan sifat pribadi, seperti nada suara, atur lunak, keras, mimic muka, gerakan-gerakan langkah, mengarahkan perhatian murid. Variasi dalam menggunakan metode dan media.
5) Reinforcement ( Ketrampilan memberikan penguatan )
Reinforcement adalah repon positif terhadap suatu tingkah laku tertentu dari siswa yang memungkinkan tingkah laku tersebut timbul kembali.
Prinsip Penggunaan :
1. Penuh kehangatan, antusias dan jujur
2. Hindari penguatan negative, kritikan, hukuman.
3. Bervariasi
4. Penuh arti bagi siswa
5. Bersifar pribadi
6. Langsung / segera.
6) Closing Procedures ( Ketrampilan menutup pertemuan )
• Memberi penekanan kembali pentingnya bahan yang diberikan.
• Penguatan untuk tetap mempertahankan kondisi belajar.
• Ekspektasi.
o Cooperative learning
Merupakan suatu model pembelajaran dengan menggukan kelompok kecil, bekerja sama.
Langkah-langkagnya :
1. Guru mendesain rencana pembelajaran, tujuan yang ingin dipcapai, ketrampilan apa yang diharapkan akan muncul.
2. Guru harus menjelaskan desain ini kepada siswa.
3. Guru menjelaskan sedikit tentang bahan ajar.

o Pola mengajar dan kegiataan siswa
A. Telling (menggurui)
B. Leading( memimpin )
C. Directing (mengarahkan)
D. Supervising (supervise)
E. Sharing (turut serta)
F. Leaving (meninggalkan)

Pemilihan pola mengajar biasanya dilakukan atas pertimbangan :
1. Tujuan pengajaran
2. Karakteristik bahan yang diajarkan
3. Alokasi waktu yang tersedia
4. Karktristik siswa
5. Kemampuan guru itu sendiri
o Model-model mengajar
Model mengajar merupakan sebuah perencanaan pengajaran yang menggambarkan proses yang ditempuh pada proses belajar mengajar agar dicapai perubahan spesifik pada prilaku siswa seperti yang diharapkan.
Ciri-ciri model mengajar :
1. Memiliki prosedur yang sistematik
2. Hasil belajar ditetapkan secara khusus
3. Penetapan lingkungan secara khusus
4. Ukuran keberhasilan
5. Interaksi dengan lingkungan
o Guru professional
Guru professional akan mengarahkan sasaran pendidikan membangun generasi muda menjadi suatu generasi bangsa penuh harapan.
Menjadi guru professional dituntut untuk memiliki 5 hal :1. Guru mempunyai komitmen pada siswa dan PMB. 2.Guru menguasai secara mendalam mata pelajaran yang diajarkan. 3. Guru bertanggungjawab memantau hasil belajar melalui berbagai cara evaluasi. 4. Guru mampu berikir sistematis. 5.Guru seyogyanya merupakan bagian dari masyarakat belajar dalam lingkungan profesi.
o Bahan Renungan Instropeksi
Permasalahan yang dihadapi di sini adalah bagaimana guru-guru lulusan keguruan menampilkan diri selama menampilakan tugas sehari-hari yang sifatnya manunggal dengan segala persyaratan untuk menjadi guru yang baik.

B. Kelebihan
Didalam buku guru professional yang saya baca ada beberapa kelebihan yaitu :
1. Kalimat yang digunakan adalah untuk lebih menyarankan kepada para mahasiswa atau calon guru ataupun guru.
2. Memberikan motivasi untuk memperbaiki diri sebagai seorang guru.
3. Banyak menawarkan metode-metode pembelajaran sehingga sangat diperlukan unuk pegangan guru
4. Kata-kata yang digunakan ilmiah
5. Menggunakan EYD yang benar.


C. Kelemahan
Ada kelebihan tak lupa juga pastinya ada kelemahannya antara lain :
1. Penjelasannya kurang detail.
2. Isinya masih secara umum belum spesifikasi.
3. Pembagian judul-judul pada bab kurang terstruktur.

Tidak ada komentar: